Situs resmi Puri Agung Dharma Giri Utama

Piodalan Puri Agung Dharma Giri Utama 2011 Cetak Email
Ditulis oleh Agus Kurniawan   
Ibu Dewi Kwam In Beri Restu melalui  “Tirta Pengayu Jagat"
 
Pemedek  Banyak yang tangkil

Tampak berbondong-bondong pemedek tangkil dimulai sore hari. Dari segala penjuru :  Jembrana, Buleleng, Karangasem, Tabanan serta dari daerah lain seperti Jakarta dan Bandung juga tampak pedek tangkil di hari Piodalan Puri Agung Dhrama Giri Utama (Sabtu, 13/8/2011) yang bertepatan dengan Purnama Sasih Karo.


Pretima Ibu Dewi meneteskan Air Suci


Ini  yang membuat unik piodalan saat ini. Ibu Dewi Kwam In sampai saat Piodalan ini terus menerus meneteskan ‘Tirta Pengayu Jagat’ sejak  selasa yang lalu (9/8) yang menurut Pinisepuh peristiwa  ini untuk memberikan kesejahteraan dan ketentraman semua umat. Hal ini juga sebagi penyebab membludaknya pemedek yang hadir pada saat piodalan.

Acara Sakral

Sebelum acara memuja pukul 19.00 Wita, didahului dengan mecaru di areal PADGU.  Karena saking banyaknya pemedek, semua areal puri termasuk ruangan di depan ruang suci dan ruang energy dipakai tempat untuk bersembahyang guna mengikuti rangkaian upacara ini. Suara tabuh bleganjur dari semeton Biaung Asri turut memeriahkan suasana.

Setelah Tari Pendet (Leny & Wulan)sebagai tari pembuka, acara berlanjut dengan Nganteb dan sembahyang bersama. Acara semakin kidmat tatkala Tari Rejang dibawakan oleh empat orang gadis kecil dengan lemah gemulai dan sangat sakral.

Spontanitas Pinisepuh-Mencekam

Tiba-tiba Pinisepuh memanggil beberapa pengempon (kira-kira 8 orang) dipanggil oleh Pinisepuh ke depan ruangan suci untuk mengikuti seremonial  yaitu ngiring Ida  Betari Ratu Ayu Magelung “Mesolah”.  Entah dari siapa yang memulai hampir semua pengempon yang dipanggil tersebut mngeluarkan suara teriakan secara bersamaan . Mereka trance , mereka menari… Suasana lebih seru lagi ketika beberapa orang lagi selain yang ditentukan Pinisepuh ikut juga trance… ikut menari.. mengeluarkan suara-suara teriakan khas trance seperti  terjadi di pura  biasanya. Peristiwa ini cukup lama berlangsung, mungkin lebih dari lima menitan… Penyamblehan ‘siap selem’ juga dilangsungkan pada saat ini. Ditambah suara bleganjur yang bertalu-talu, teriakan, gerakan dan tarian yang sakral semakin membuat pemedek tegang, mencekam dan bahkan ada yang takut.  Setelah Jro Mangku ngetisang tirta dan Ida Betari melinggih suasana kembali tenang.

Tumpengan –Nunas Paica

Dua tarian yakni Tari Tenun (Merye dan Ozy) dan Tari Merak (Leny) turut menghibur pemedek  bahkan sempat membuat  semakin semarak malam ini.

Acarapun ditutup dengan ngelungsur tumpeng, yang diawali doa oleh Pinisepuh. Tumpengan ini juga dimaksudkan guna memperingati telah satu tahun Team Tiga PADGU berkiprah. Happy Birthday and Rahayu. Dumogi.
 

Pengurus

Sample image Jro Mangku Panji
Pemangku
Sample image I Gusti Ngurah Suarnita
Ketua
Sample image I Gusti Ngurah Budi
Wakil Ketua
Sample image Kadek Ardi
Sekretaris 1
Sample image I Gede Sukadana
Sekretaris 2
Sample image I Wayan Sudiawan
Bendahara 1
Sample image I Gede Somada
Bendahara 2
Sample image Ni Komang Sumadi
Ketua Dharma Ayu

Hubungi kami

PURI AGUNG DHARMA GIRI UTAMA

Jl. Tegal Harum No 7 Biaung
Denpasar Timur- Bali 80237
Tel: 081558707862
Email:info@dharmagiriutama.org
Web: www.dharmagiriutama.org
 
PURA PUROHITA
Lembah Dusun Benyahe,
Desa Unggahan, Seririt,
Buleleng, Bali.
Jro Mangku Wana
0878-6012-7699
Posisi anda  : Home Berita Piodalan Puri Agung Dharma Giri Utama 2011