Situs resmi Puri Agung Dharma Giri Utama

Yoga Kundalini Cetak Email
Dalam banyak literatur dikatakan bahwa tujuan yang ingin dicapai dengan melatih berbagai yoga adalah untuk membangkitkan kekuatan dari Kundalini pada sistem tubuh non fisik manusia. Tetapi dalam pandangan umum, yoga diperuntukkan untuk membentuk jalur-jalur ular suci Kundalini hingga pada suatu ketika ular suci Kundalini bisa bangkit dan mencapai chakra Sahasrara. Bagi manusia yang berhasil membangkitkan ular suci Kundalini akan mencapai pencerahan dan kesempurnaan.

Mengamati ciri-ciri gerakan sistematis pada setiap yoga, pada dasarnya tujuan dari yoga adalah menyerap prana sebanyak mungkin dan menciptakan panas tubuh dengan mengolah atau mengekspos tubuh dengan gerakan-gerakan serta pengolahan nafas. Dapat dikatakan bahwa konsep dasar dari yoga adalah bagaimana menyerap prana kemudian mengolahnya untuk membersihkan energi negatif tubuh fisik dan sistem tubuh non fisik yang meliputi nadi utama Shusumna, Ida, Pinggala serta chakra tubuh.

Yoga Kundalini mempunyai banyak fase seperti Asana (sikap duduk), pranayama (sikap nafas), krya (gerakan), dll., di mana semua fase tersebut mengupayakan terjadinya panas tubuh.

Pinisepuh melatih para murid dan pasien sakit medis maupun mejik dengan yoga Kundalini Krya atau yoga Kundalini yang mengandalkan gerakan tertentu yang dalam dunia modern dikenal sebagai ‘Shaking’. Yoga ini menjadi sangat terkenal karena terbukti sangat efesien dan sederhana dilatih namun reaksi dari latihan sangat cepat bisa terjadi terutama bagi orang-orang dengan keluhan sakit yang tidak jelas. Untuk mendapat reaksi hasil latihan yang cepat, yoga Kundalini harus dilatih pada ruangan atau alam terbuka yang mempunyai energi bagus.

Berbagai reaksi yang timbul dari yoga Kundalini berbeda untuk setiap orang dan tergantung dari keluhan yang dideritanya. Untuk orang yang kena sakit mejik dari golongan racun akan muntah-muntah dengan bau busuk atau muntah darah kalau racun mejik cukup keras. Tetapi orang stres juga mengalami muntah-muntah namun bau muntah tidak busuk. Sakit mejik dari golongan energi negatif seperti ‘leak’, bebai (mahluk gaib) akan mengalami respon kesurupan dan berteriak-teriak kesakitan dan ngomong tidak jelas. Sedang bagi orang terpilih untuk mengabdi kepada Dewata tertentu akan terjadi respon menangis atau menari.

Dari pengalaman menangani berbagai keluhan, yang mendapat reaksi jatuh tersungkur dan tertidur tidak sadarkan diri adalah datang dari orang-orang yang sakitnya cukup keras. Biasanya sakit seperti ini telah diderita tahunan.

Respon yang dialami oleh orang-orang sakit medis adalah mirip dengan sakit mejik. Misalnya seseorang yang mengalami tekanan batin sedari lama akan pula berteriak-teriak tidak jelas bahkan dalam kasus cukup berat seperti depresi, respon yang terjadi adalah jatuh menggelepar-gelepar seperti orang kena sakit epilepsi akan tetapi mulutnya tidak berbuih.

Karena respon yang tidak terduga, saat melatih yoga Kundalini untuk prtama kali haruslah didampingi seorang Guru yang paham. Kalau terjadi respon ekstrim agar mendapat tindakan yang sepantasnya.

Yoga Kundalini fase Krya adalah yoga yang membangkitkan unsur api di dalam tubuh secara frontal dan cepat. Gerakan fisik yang sangat sederhana mampu menggetarkan organ fisik maupun organ tubuh non fisik. Karena reaksi yang diakibatkan yoga ini sangat cepat maka yoga Kundalini fase Krya sangat populer dipraktekkan oleh para Guru untuk menyehatkan para murid. Bahkan dipakai dalam praktek penyembuhan masal.

Panas tinggi di dalam tubuh karena gerakan yoga akan menciptakan aliran listrik tubuh yang sangat kuat. Energi negatif yang berada di dalam tubuh manusia dan yang bukan merupakan bagian dari sistem kehidupan akan diusir keluar dari tubuh. Mahluk gaib dari tingkatan paling rendah tidak akan tahan pada panas tinggi dan karena merasa terganggu maka terjadi reaksi atau respon kesurupan. Dari pengamatan kewaskitaan, untuk mahluk gaib negatif yang sudah berkembang, kalau terjadi panas tinggi ia sudah berkemampuan untuk keluar dari tubuh dan masuk lagi kalau panas tubuh sudah reda.

Dilatih dengan rutin, kualitas panas yang dihasilkan yoga Kundalini semakin baik dan berdaya guna untuk menyembuhkan. Namun kendala utama dari yoga Kundalini adalah harus dilatih di lingkungan yang mengandung energi prana banyak dan harus dengan bimbingan Guru yang paham menangani kasus-kasus sakit mejik sebab terkadang reaksinya agak ekstrim. Sedang untuk sakit medis, reaksinya tidak begitu merisaukan sebab reaksi akan cepat reda. Untuk melindungi diri dari reaksi sakit mejik sangat disarankan untuk memakai simbol Surya Sudhanalaya sebab terbukti melindungi gangguan dari mejik. Fungsi lain dari simbol adalah membantu menyerap prana yang besar pada saat latihan yoga atau meditasi sehingga bisa latihan di sembarang tempat karena simbol Sudhanalaya adalah simbol yang menarik prana yang ada disekitar tubuh pemakainya.

Simbol  Sudhanalaya akan membantu menyerap energi prana sedangkan simbol Surya akan membakar energi negatif. Pada saat yang sama akan memutus hubungan dengan pelaku mejik seandainya sakit mejik tersebut masih aktif dan dikontrol oleh pelakunya. Kemudian simbol Surya akan mengolah prana menjadi panas yang akan membantu dalam proses pembersihan energi negatif pada jalur-jalur prana setiap kali dipakai latihan yoga.

Yoga Kundalini dipraktekkan oleh semua tingkatan spiritual sebab sangat efektif untuk mengusir energi negatif dari dalam tubuh. Energi negatif melekat pada setiap chakra dan pada jalur-jalur nadi utama. Bahkan energi negatif yang terhimpun dari kelahiran masa lalu yang melekat di nadi Shusumna yang disebut sebagai karma buruk mampu diusir oleh kekuatan yang diciptakan dari gerakan sederhana yoga Kundalini. Oleh karena mampu membantu membersihkan jalur-jalur yang akan dilalui ular suci Kundalini pada saat kebangkitannya maka yoga ini dinamakan sebagai yoga Kundalini.

Saran penting:

Setelah melakukan yoga Kundalini sangat bagus melakukan Sudhi Kerta atau pelukatan, sebab ritual ini akan membersihkan sisa-sisa energi negatif yang berada dan melekat pada tubuh non fisik. Atau paling tidak, kalau tidak menemukan tempat yang layak untuk Sudhi Kerta, rendamlah kedua kaki di air garam yang hangat sebab sifat garam adalah mengikat energi negatif dan chakra pada telapak kaki adalah salah satu jalan keluar energi negatif dari dalam tubuh. Bagus dilakukan bagi penderita sakit yang melakukan yoga Kundalini. Setelah merendam kaki dilanjutkan dengan mandi dan keramas.

Dasar utama dari kemajuan spiritual adalah kesehatan, sebab sehatnya manusia merupakan ciri kunci dari chakra yang bersih atau paling tidak, prana yang telah diserap tubuh sudah cukup untuk menopang kehidupan. Sebelum manusia sehat maka sangat susahlah mencapai kemajuan spiritual. Hal lain yang saya sarankan, temukanlah seorang Guru yang paham dengan berbagai teknik meditasi dan yoga. Rahasia utama peningkatan spiritual adalah besarnya jalur sinar suci Antahkarana. Yoga Kundalini kalau dilatih oleh orang dengan jalur Antahkarana yang besar akan benar-benar sangat efesien membantu membersihkan jalur-jalur perjalanan Kundalini nantinya.

Yoga Kundalini bukanlah satu untuk semua dan saya berkeyakinan bahwa pemula dalam olah spiritual selalu tertarik kalau meditasi atau yoga ada embel-embel Kundalini. Jadi jangan skeptis dan fanatik dalam satu yoga sebab berbagai yoga diciptakan pada dasarnya untuk membantu manusia membersihkan jalur-jalur Kundalini. Banyak hal yang memperngaruhi kebangkitan Kundalini sehingga perlu banyak pengetahuan yang harus dipelajari dan dipraktekkan.

Kebangkitan Kundalini adalah suatu proses alam yang luar biasa. Tidak cukup latihan beberapa tahun. Memerlukan pengetahuan yang diketahui oleh Guru Suci yang paham agar latihan berkembang sebaik-baiknya.

 
Yoga Kundalini

Prinsip dasar yoga Kundalini

Yoga adalah prosesi sakral karena yang dilakukan bukanlah suatu olah raga modern. Yang mendasari dari penciptaan gerakan yoga adalah adanya suatu tujuan suci yaitu membangkitkan ular suci Kundalini. Jadi sebelum memulai suatu yoga maupun meditasi sangat penting melakukan penyucian diri, berdo’a, memuja Tuhan/Siwa atau manifestasi dari Tuhan atau Dewata tertentu agar mendapat restu dan prana yang berlimpah serta mendapat perlindungan  andaikata ada hal-hal negatif di sekitar tempat latihan. Agar dijauhkan dari hal-hal negatif pada saat latihan seperti gangguan dari gaib negatif atau mejik.

Penjelasan dan reaksi yoga Kundalini:
  1. Ilustrasi pertama menunjukkan sikap awal. Berdiri dengan tangan tercakup. Sikap berdiri dan sikap badan lainnya haruslah benar-benar rileks.
  2. Buka kaki selebar bahu. Mata dipejamkan dengan fokus pikiran kepada mata ketiga.
  3. Perhatikan posisi tangan pada gambar kedua, di mana tangan masih tercakup namun menuju ke depan. Gerakan tangan bolak-balik ke depan dan ke belakang ke arah dada. Pada saat melakukan gerakan ini, tidak ada tekanan pada otot-otot tangan atau otot-otot lainnya di tubuh. Latihlah gerakan ini dengan santai terlebih dahulu.
  4. Perhatikan posisi kaki pada gambar kedua. Tubuh berdiri hanya ditopang hanya oleh jari-jari kaki atau jinjit. Gerakan kaki adalah menapak di lantai dan berjinjit. Latihlah gerakan ini untuk membiasakan diri.
  5. Kalau sudah mencoba gerakan tangan dan kaki, kemudian lakukan kombinasi gerakan tangan dan kaki. Lakukan proses sinkronisasi gerakan tangan dan kaki agar benar-benar harmonis.
  6. Latihlah gerakan yoga Kundalini dengan iringan musik dari mantram Gayatri. Gerakan biasanya dari lambat, tambah cepat dan semakin cepat. Pada saat gerakan cepat terkadang gerakan kaki seperti meloncar-loncat tidak dapat dikendalikan dan hal tersebut tidaklah salah.
  7. Untuk mencapai hasil maksimal, terkadang bagi pemula tidak akan tahan pada tangan yang selalu manggantung dan ingin turun karena terasa sakit dan kaku. Tahanlah tangan pada posisi semula dan jangan diturunkan.
  8. Jangan memaksa mencapai latihan maksimal sampai jantung berdebar keras bagai mau pingsan. Kalau ini terjadi, maka bukanlah cara-cara yang benar. Memang tahap pemula akan mengalami nafas tersengal-sengal dan jantung berdetak keras tetapi bukan itu tujuan dari yoga ini. Jadi latihlah dengan porsi dan waktu yang nyaman. Yang penting rutin dan bukan mengekspos tenaga dalam satu kali latihan. Yang diperlukan adalah rutinitas.
  9. Kalau seseorang mempunyai masalah medis atau non medis, gerakan menjadi tidak terkendali dan di luar kontrol praktisi. Tubuh akan bereaksi dan merespon prana yang diserap. Tubuh akan merespon panas tubuh yang menjadi listrik. Listrik kuat mengalir di seluruh organ fisik dan mempengaruhi organ non fisik. Hal-hal negatif di luar sistem tubuh bawaan lahir dan dianggap membahayakan atau mengganggu tubuh akan diusir dari dalam tubuh.

Kira-kira demikianlah proses dan reaksi dari yoga Kundalini. Banyak sastra dan wacana mengatakan bahwa manusia mampu menyembuhkan dirinya sendiri. Yoga Kundalini termasuk yoga ekstrim yang mampu untuk mengembalikan keaslian dari tubuh manusia sejak dilahirkan asalkan tidak mengalami cacat fisik. Yoga ini akan mengembalikan manusia ke sifat dasar penciptaannya/bawaan lahir. Yoga ini juga sangat membantu dalam pengembangan sifat bawaan lahir dan menjadi manusia berkembang. Latihlah berbagai yoga termasuk yoga Kundalini agar cita-cita mencapai pencerahan terwujud suatu ketika nanti.

Tidak ada batasan umur untuk melatih yoga Kundalini. Kenalkanlah yoga ini kepada anak-anak kalau kebetulan Anda adalah orang tua, sebab dengan demikian Anda telah menolong anak-anak mengalami perkembangan sejak dini.


Note:
Pada link Video Anda bisa lihat reaksi dan respon yoga Kundalini.

Selamat berlatih, Rahayu...
 

Pengurus

Sample image Jro Mangku Panji
Pemangku
Sample image I Gusti Ngurah Suarnita
Ketua
Sample image I Gusti Ngurah Budi
Wakil Ketua
Sample image Kadek Ardi
Sekretaris 1
Sample image I Gede Sukadana
Sekretaris 2
Sample image I Wayan Sudiawan
Bendahara 1
Sample image I Gede Somada
Bendahara 2
Sample image Ni Komang Sumadi
Ketua Dharma Ayu

Hubungi kami

PURI AGUNG DHARMA GIRI UTAMA

Jl. Tegal Harum No 7 Biaung
Denpasar Timur- Bali 80237
Tel: 081558707862
Email:info@dharmagiriutama.org
Web: www.dharmagiriutama.org
 
PURA PUROHITA
Lembah Dusun Benyahe,
Desa Unggahan, Seririt,
Buleleng, Bali.
Jro Mangku Wana
0878-6012-7699
Posisi anda  : Home Yoga dan Meditasi Yoga Kundalini